Minggu, 24 April 2011

Update Blog Agar Dikunjungi Googlebot

Bila pada awal ngeblog, salah satu pertanyaan mengenai tips SEO yang ingin saya cari tahu jawaban  adalah apa hubungannya menerbitkan posting blog (update blog) secara berkala dengan kunjungan Googlebot ? Bagaimana bila tidak ada ide baru untuk suatu posting baru, bukankah sebuah posting yang berkualitas berpengaruh pada SEO dan ketertarikan pengunjung/ pembaca ? Lantas apa solusinya....???

Tiga hari ini, terasa ada suatu yang kurang karena tidak bisa online dan mengamati semua blog saya .3 hari ini, PC saya terpaksa "opname" karena terkena virus. namun hari ini saya bisa kembali online. Karena tidak ada sebuah topik baru yang bisa saya update ke blog ini, alangkah baiknya bila saya memperbaiki internal link pada blog ini dan melekukan publikasi ulang dan mencatat kegiatan ini sebagai satu postingan baru untuk mengupdate blog ini.

Nah, trik yang saya gunakan untuk mengupdate blog selama ini adalah:
  • Membuat posting baru, tentunya bila ada ide/ topik baru.
  • Menempatkan link pada posting baru ke posting lama atau sebaliknya dan mempublikasikan ulang, bila saya tidak ada ide/ topik untuk sebuah posting baru.
  • Memperbaiki keywords pada posting lama dan mempublikasikan ulang. Sebagai contoh: pada beberapa posting lama saya menggunakan keywords "muncul" namun saya berpikir mungkin pada users akan menggunakan keywords "tampil". Selanjutnya saya menyisipkan kata "tampil" pada beberapa posting lama saya. Dan hasilnya lumayan, terlihat beberapa pengunjung mendarat di blog ini dengan keywords "tampil".
  • Menempatkan gambar pada posting lama dan publikasi ulang
  • Memperbaiki alt tag untuk gambar dan publikasi ulang.
Beberapa hal yang saya lakukan diatas ternyata dari pengamatan perkembangan blog pada SERP, telah memicu Googlebot untuk mengunjungi posting lama saya. Hanya saja belum bisa saya buktikan dengan suatu uji coba, mengenai apa sisi positif nya bila sebuah postingan lama dikunjungi oleh Googlebot lagi. Tetapi dari uji coba pengamatan tampilan pada SERP untuk semua posting posting saya dan sudah terbukti bahwa:
  • Sebuah posting lama akan kembali dikunjungi oleh Googlebot bila saya menempatkan link ke posting lama tersebut pada postingan baru saya.
  • Semakin banyak internal link yang ditempatklan pada postingan baru maka semakin cepat pula posting baru tersebut muncul pada SERP dan semakin cepat dikunjungi oleh Googlebot. Bahkan dlam hitungan beberapa jam saja. namun bila pada posting baru tersebut kekurangan link ke postingan lain, maka semakin lama posting tersebut muncul pada SERP ataupun dikunjungi oleh Googlebot.
Tetapi saya yakin dengan logika saya bahwa Google dalam mengurutkan tampilan SERP pastilah akan mempertimbangkan "kesegaran" sebuah posting. Maksud saya, bahwa tentu saja Google akan memgurutkan posting atau blog yang lebih segar atau fresh pada urutan teratas dan tentunya untuk posting blog atau posting yang sudah lama tidak dikunjungi dan tidak diupdate alias expired, akan diletakkan pada bagian akhir SERP. Apakah sobat sepaham dengan logika saya ini..? Tapi ini hanya pemikiran dari logika saya saja.  
Bila sobat punya trik atau tips lain dalam meng-update blog/ posting sobat, silahkan memberi komentar untuk berbagi ya...

Related Posts

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya

Popular Posts