Kamis, 07 April 2011

Terindex & Muncul Pada SERP Tanpa Add URL

Seperti pada awal saya mencoba membuat blog, yang ada di benak saya adalah bagaimana agar orang lain (pengguna internet) bisa melihat blog saya? Bagaimana agar blog saya bisa muncul pada laman hasil pencarian Google (Search Engine Results Page = SERP)? Bagaimana agar blog saya bisa terindex oleh Google? Bagaimana agar blog saya bisa muncul pada urutan teratas pada laman hasil pencarian Google (search Engine Results Page = SERP) ?
Dan Dari hasil googling dan blogwalking, yang saya dapatkan adalah pada umumnya semua artikel menyarankan beberapa hal:
  1. Melakukan Add URL ke Google atau submit URL ke search engine terkemuka.
  2. Memperbanyak backlink untuk meningkatkan PageRank.
  3. Dan sekumpulan tips SEO lainnya.
Namun setelah melakukan percobaan pada beberapa blog dummy dan blog laman pemula ini sendiri, ternyata tanpa melakukan Add URL pun, blog saya tetap terindex oleh Google dan muncul pada SERP bahkan untuk posting tertentu menempati urutan teratas pada SERP.
Related Posts

Awalnya saya  berasumsi bahwa karena saya melakukan registrasi blog dengan email account gmail atau karena saya menempatkan outbound link ke situs milik Google. Ternyata setelah saya melakukan beberapa percobaan pada blog blog baru yang sengaja saya buat dengan :
  • Tidak melakukan Add URL.
  • Menggunakan email account Yahoo.
  • Tidak menempatkan Internal link.
  • Tidak menempatkan outbound link ke situs lain.
  • hanya melakukan satu posting saja.
Ternyata tetap saja blog baru tersebut terindex dan muncul pada SERP, bahkan dalam waktu hanya satu hari setelah dipublikasikan. Bila sobat tertarik silahkan melakukan pencarian pada Google search dengan keywords http://jason-chen-blog.blogspot.com untuk blog berjudul Jason Chen's blog atau keywords lainnya yakni http://my-son-blog.blogspot.com untuk blog berjudul My Son.. 
Pada saat posting ini dibuat, saya sedang melakukan percobaan dengan blog berplatform Wordpress untuk melihat kapan blog tersebut terindex dan muncul pada SERP. Tentunya dengan perlakuan yang sama dengan kelima point diatas.

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya

Popular Posts