Minggu, 13 Maret 2011

Persyaratan Ideal judul, deskripsi & url blog

Pada awal membuat blog di blogger, saya hanya mengikuti panduan langkah demi langkah membuat blog termasuk menentukan judul blog, deskripsi blog dan url blog tanpa mencari tahu lebih banyak mengenai fungsi judul, deskripsi dan url. Setelah membuat begitu banyak blog yang gagal ternyata menentukan judul, deskripsi dan url blog begitu teramat penting bagi sebuah blog.
Bila kita membuat blog di blogger, judul blog yang kita pilih akan secara otomatis menjadi alamat url blog kita. dulu saya tidak mencari tahu kenapa blogger menyertakan fungsi default ini. Saat itu saya hanya memprioritaskan judul blog, bila alamat url yang sama persis dengan judul blog tidak tersedia maka saya menggantikan alamat url tersebut hingga pesan tersedia (available) muncul. Dan alhasilnya adalah blog buatan saya ini tidak ada pengunjungnya dan kalopun ada adalah pengunjung yang mengikuti link yang saya tempatkan pada facebook atau iklan iklan gratis pada situs lain.

Setelah menghabiskan banyak waktu dengan mencoba membuat beberapa blog dan mengamati perkembangan setiap blog tersebut, serta mencari tahu dari berbagai tulisan para webmaster lainnya. Akhirnya saya mengetahui kenapa blog blog saya yang terdahulu gagal (tidak ada pengunjungnya). Ini dikarenakan sebuah blog idealnya :
  • Judul, deskripsi dan url harus mencerminkan isi blog.
  • Judul dan url blog idealnya sama.Judul blog: Laman Pemula, URL blog http://laman-pemula.blogspot.com
  • Judul, deskripsi dan url idealnya mengandung kata kunci (keywords).  
  • Judul dan Url idealnya singkat dan mudah diingat, sebaiknya dalam bentuk huruf semua.
  • Deskripsi blog idealnya tidak terlalu panjang, namun bisa mencerminkan apa isi blog kita.
Nampaknya untuk mengikuti syarat syarat ideal diatas benar benar hal yang sulit dan butuh perencanaan awal yang mendalam.

Pertanyaan saya selanjutnya setelah mengeathui syarat syarat ideal tersebut diatas adalah mengapa harus seperti itu..

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya

Popular Posts