Selasa, 29 Maret 2011

Fetch as Googlebot

Mencari tahu apa itu Fetch as Googlebot? Apa sih fungsi dan kegunaan Fetch as Googlebot?  Dari artikel yang ada pada Google Labs, bahwa fitur fetch as googlebot akan membantu memberikan umpan balik (feed back) kepada kita tentang bagaimana googlebot melihat laman situs/ blog kita.


Kebetulan sekali dari hasil pengamatan pada SERP akhir akhir ini, bahwa home page Laman Pemula dan laman posting lainnya sudah lama tidak dikunjungi oleh Googlebot. Untuk home page saja tercatat sudah 9 hari tidak ada data google crawl, hal ini dilihat dari tanggal yang ada pada snapshot  (tanggal  terakhir Googlebot mengunjungi blog kita). Jadi ingin tahu bagaimana Googlebot melihat laman utama (home page) dari blog Laman Pemula ini dengan menggunakan fitur fetch as Googlebot yang ada pada oogle Webmaster Tool.

Sebelumnya sejak tanggal 21 Maret 2011 sampai dengan hari ini tanggal 29 Maret 2011 tercantum pada snapshot bahwa terakhir googlebot mengunjungi laman utama ini adalah tanggal 19 Maret 2011. Sudah 9 hari tidak ada update crawl dari ggoglebot. Oleh karena itu, saya coba menggunakan fitur fetch as googlebot ini berikut screenshot nya:
1. Login ke Google Webmaster Tool.
2. Masuk ke dashboard blog dengan klik pada URL blog
3. Klik Fetch as Googlebot
Selang 5 menit kemudian, saya memeriksa snapshot untuk home page Laman Pemula dan ternyata snapshot telah terupdate menjadi snapshot per tanggal 25 Mar 2011 14:46:40 GMT. Berikut screenshot nya:
Benarkah perubahan snapshot diatas dikarenakan fetch as googlebot yang baru saya lakukan atau hanya kebetulan saja? Namun pada saat posting dipublikasikan dengan terupdate nya snapshot untuk laman utama blog ini, belum terlihat perubahan snapshot untuk laman laman posting lainnya.

2 komentar:

  1. saya baru pertama kali menggunakan fitur ini mas,belum tahu betul kegunaannya untuk apa!
    kalau saya perhatikan fitur ini bisa membantu google untuk mengindex web kita agar lebih mudah dikenali.

    BalasHapus
  2. Nampaknya seperti itu. Fitur ini untuk memperlihatkan kepada kita bagaimana blog kita terbaca oleh googlebot pada kunjungannya yang terakhir. Karena dari pengalaman yang pernah saya temui bahwa walau googlebot mengunjungi blog kita tetapi belum tentu posting tersebut muncul pada SERP.

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya

Popular Posts