Sabtu, 12 Maret 2011

Untuk Apa Add URL ke Google?

Blog ini dibuat sejak tanggal 9 Maret 2011, sengaja tidak saya lakukan ADD URL ke google. Tadinya saya mengira bahwa dengan tidak melakukan add url ke google maka dengan sendirinya blog ini tidak akan ditemukan oleh mesin pencari google. Ternyata perkiraan saya ini salah...!!!


Hari ini 12 Maret 2011, saya mencoba memasukkan keywords berupa laman-pemula.blogspot.com pada search bar mesin pencari google dan ternyata blog "Laman Pemula" berada pada urutan pertama  laman hasil pencarian google (SERP). Saya coba click link bertulisan tembolok (cached) yang berada tepat disebelah kanan alamat url. Dan saya dibawa ke laman lain yang berisi informasi kapan terakhir Google merayapi (crawl) blog ini beserta jepretan (snapshot) terakhir yang diambil oleh google crawler pada tanggal 10 Maret 2011.

Namun ketika saya coba masukkan judul blog dan judul posting pada search bar mesin pencari google, namun blog laman pemula tidak ada sama sekali pada laman hasil pencarian google (SERP). Yang menjadi pertanyaan saya adalah:
  • Apakah google dengan sendirinya melakukan crawling pada blog yang baru berumur 1 hari ini?
  • Apakah google melakukan crawling semata mata blog ini menggunakan email address gmail?
  • Mengapa yang muncul pada SERP hanya laman utama blog ini?
Saya merencanakan tidak akan melakukan add url sampai dua minggu ke depan, untuk melihat kapan posting blog muncul pada SERP dan untuk melihat hasil jepretan google pada crawling nya yang kedua.

Semoga saja saya mendapatkan sesuatu yang berarti dari penantian ini...(...postingan dengan update terbaru...)

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya

Popular Posts