Jumat, 11 Maret 2011

Tidak terindex oleh pencarian Google

Ketika seorang pemilik blog membuat blognya, yakin tujuan utamanya adalah agar blog nya bisa terlihat (visible) oleh publik, dikunjungi, dibaca dan diminati oleh publik. terkecuali bila pemilik blog hanya ingin memanfaatkan blog sebagai catatan pribadi yang online (online diary), maka keterlihatan blog (blog visibility) tidaklah menjadi hal yang penting bagi si pemilik blog.
Demikian pula dengan saya ketika hendak membuat blog, memiliki keinginan agar blog saya bisa terlihat oleh publik. Namun pada blog saya yang pertama, saya bisa mengunjungi blog saya bila saya menuliskan alamat URL pada address bar yang ada pada browser saya. tetapi tidak muncul pada laman hasil pencarian google (SERP) walau saya memasukkan alamat URL blog saya sebagai keywords pada google search bar.

Setelah mencari tahu, lagi lagi dengan menggunakan Google search engine. akhirnya saya mendapatkan jawabannya. Ternyata setelah membuat blog walau di blogger sekalipun itu milikinya google, tidak serta merta blog kita langsung terindex pada laman hasil pencarian google (SERP). Terlebih dahulu harus melakukan add url pada google secara manual, yakni dengan mengunjungi laman google add url dan mengisikan alamat URL dan comments berupa keywords blog.

Setelah melakukan add url pada google search engine, akhirnya 3 hari kemudian blog saya sudah muncul pada laman hasil pencarian google (SERP). Sebagai catatan blog hanya akan muncul apabila dengan memasukkan alamat URL atau judul blog, dan tidak akan muncul pada laman hasil pencarian apabila dengan memasukkan judul posting.

Proses pendaftaran alamat URL pada google search engine juga berlaku pada serach engine lainnya seperti yahoo, msn, dll. Bila di google menggunakan istilah add url, pada search engine lainnya menggunakan istilah URL submission.

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya

Popular Posts