Rabu, 13 April 2011

Mengamati Posisi Blog di Google SERP

Yang selalu menjadi pertanyaan para pemula seperti saya ini adalah bagaimana agar blog cepat terindex? Bagaimana mengetahui apabila blog saya sudah terindex? Apakah blog baru saya sudah muncul / tampil  di SERP (Search Engine Results Page)? Selanjutnya pertanyaan berkembang menjadi; apakah posting baru saya sudah teindex dan muncul / tampil di SERP? Bagaimana posting baru saya cepat terindex dan tampil di serp? Bagaimana supaya Googlebot mengunjungi blog / posting baru saya ini?


Karena pertanyaan pertanyaan diatas itu, telah mendorong saya untuk melakukan pengamatan terhadap perkembagan blog Laman Pemula ini pada tamiplan di Google SERP hari demi hari. Entahlah apakah ini kegiatan aneh dari seorang pemula. Tetapi yang pasti pengamatan ini didorong juga oleh keingintahuan saya terutama setelah saya mengetahui bahwa blog saya terindex sendirinya dan muncul / tampil pada Google SERP, tanpa saya melakukan Add URL.Sebagaimana yang saya tulis pada laman about, bahwa blog ini saya rencanakan tidak akan saya Add URl sebelum jumlah posting pada blog ini telah banayk. Karena pada awal saya berasumsi bahwa blog baru akan terindex dan muncul / tampil pada SERP apabila saya melakukan Add URL ke Google atau submait URL ke search engine lainnya.

Setelah sebulan lebih mengamati dan mencatat, kali ini saya ingin membagikan hasil pengamatan dan pencatatan saya ini yang berupa tabel kepada pada pengunjung yang mungkin tanpa disengaja mendapatkan link blog ini di laman SERP dan mengunjungi blog Laman Pemula ini. Berikut screen shot tabel observasi SERP hasil jerih payah saya selama sebulan. (xixixixixixixi...)
Tabel Observasi SERP
Tabel Observasi SERP
Pada Tabel diatas, saya mencatat beberapa hal:
  • Tanggal Publikasi blog dan posting posting nya.
  • Tanggal update untuk masing posting (saya terkadang melakukan update pada posting tsb dan mempublikasikan ulang)
  • Jumlah Penempatan Internal link pada tiap posting.
  • Jumlah Penempatan Outbound Link Posting.
  • Kapan (berapa lama setelah dipublikasikan) blog dan posting posting nya tampil pada SERP.
  • Kapan (berapa lama setelah dipublikasikan)  blog dan posting posting nya pertama kalinya dikunjungi (crawl) oleh Googlebot.
  • Hasil tampilan pada SERP tiap harinya untuk masing masing posting dan laman.
Dari tabel ini, saya dapatkan beberapa hal:
  • Waktu Googlebot mengunjungi posting posting baru adalah tidak menentu.
  • Waktu Googlebot mengunjungi ulang posting posting lama juga tidak menentu.
  • Semakin banyak internal link yang ditempatkan pada suatu posting baru, maka semakin cepat posting tersebut dikunjungi oleh Googlebot.
  • Posting bisa saja langsung muncul pada SERP walau belum dikunjungi oleh Googlebot..
  • Sebuah Posting lama akan dikunjungi oleh Googlebot lagi bila ada penempatan link ke posting tersebut dan apabila posting tersebut diupdate / diperbaharui isinya.
  • Semakin hari hari semakin sering dan semakin cepat Googlebot mengunjungi posting posting baru.
Mungjin sobat sobat bisa melihat lebih banyak lagi setelah mengamati tabel observasi diatas. Mohon saran dan kritik dari sobat.
 
Related Posts
Mengamati Perkembagan Blog Pada SERP
Muncul Pada Urutan teratas SERP
Terindex & Muncul Pada SERP tanpa Add URL
Langsung Terindex & Muncul Pada SERP
Terindex Oleh Search Engine Lain

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya

Popular Posts