Jumat, 15 April 2011

Tampilan SERP pada @ users berbeda beda

Beberapa hari yang lalu pada saat hendak mengamati posisi blog posting saya di SERP, tanpa sengaja saya login ke Google menggunakan account Google saya yang lain dan menemukan perbedaan tampilan laman hasil pencarian (SERP). Dimana saya melakukan pencarian dengan keywords yang biasa saya gunakan, namun tampilan SERP menempatkan posisi blog posting saya berbeda dengan hari hari sebelumnya dan perbedaan ini sangat signifikan.
Saat itu saya belum menyadari bahwa saya telah log in ke Google dengan Google account yang lain. Beberapa jam kemudian saya melakukan Googling lagi tanpa log in ke Google, dan blog posting saya kembali menduduki posisi teratas. Dari sini saya mulai merasakan ada sesuatu dibalik semua kejadian ini.

Saya mulai penasaran dan mencari tahu ada apa dengan kejadian ini. Dan dari hasil pencarian, saya menemukan ternyata Google menerapkan Personalisasi Hasil Pencarian untuk masing masing users. Untuk informasi lebih lanjut, sobat bisa mengunjungi Official Google Blog dan ini link nya Personalized Search For Everyone.

Berikut screenshot tampilan Google SERP yang berbeda walau menggunakan keywords yang sama.
Tampilan SERP yang dipersonalisasikan (Screenshot A)
Tampilan SERP setelah menonaktifkan fitur personalisasi (Screenshot B)
Tampak perbedaan pengurutan pada tampilan SERP mulai dari posisi ketiga hingga kesepuluh. Tampak juga pada screenshot (A) ada perbedaan warna text untuk masing masing judul laman. Untuk Judul laman yang beerwarna biru menunjukkan bahwa laman tersebut belum pernaha saya klik / kunjungi. Sedangkan untuk judul laman yang berwarna ungu, menunjukkan bahwa laman tersebut telah pernah saya klik / kunjungi. Semakin sering laman tersebut saya kunjungi maka laman tersebut akan semakin menduduki posisi yang lebih tinggi. Oleh karena itu, semua judul laman yang berwarna biru terurut di bawah.

Namun hal diatas tidak berlaku pada screenshot (B), karena tidak ada personalisasi hasil pencarian maka pengurutannya pun acak. terlihat dari warna masing masing judul laman, semuanya ditempatkan secara acak.

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya

Popular Posts