Minggu, 27 Maret 2011

Posting Menghilang Dari SERP

Mengapa posting tiba tiba menghilang dari search engine result page (SERP) ? Apakah ini yang dimaksud dengan posting masuk ke dalam sandbox? Apakah posting saya akan kembali lagi muncul pada SERP?

Kemarin posting saya yang berjudul mengamati perkembangan blog pada SERP  tiba tiba menghilang dari tampilan di SERP. Posting ini saya pertama saya publikasikan pada tanggal 20 Maret 2011,. Namun karena tidak sempat saya selesaikan posting tersebut pada hari itu juga, maka saya menghapus posting tersebut dan melakukan posting ulang pada tanggal 21 Maret 2011 dengan judul posting yang sama. Karena hal ini sehingga permalink untuk posting yang pertama dengan http://laman-pemula.blogspot.com/.../mengamati-perkembangan-blog-pada-serp.html terhapus dan posting yang baru mendapatkan permalink dengan rincian berikut http://laman-pemula.blogspot.com/.../mengamati-perkembangan-blog-pada-serp_21.html. 


Karena saya selalu mengamati setiap perkembangan posting saya pada SERP, maka saya mendata kapan setiap posting muncul pada SERP serta kapan terakhir google melakukan crawling (bisa dilihat pada snapshot). Dan untuk posting yang bersangkutan pertama kali muncul pada SERP yaitu pada tanggal 24 Maret 2011. tampilan pada SERP adalah seperti screenshot berikut.
Dapat dilihat posting pertama (yang telah di hapus) tampilan pada SERP tepat dibawah posting kedua (yang baru). Namun pada keesokan hari nya tanggal 25 Maret 2011, saya lakukan pencarian dengan keywords berupa judul posting tetapi yang muncul pada SERP hanya posting dengan permalink yang telah dihapus. Sedangkan bila dicari dengan keywords berupa URL posting tersebut maka muncul tampilan seperti screenshot dibawah ini.
Kejadian ini hanya 2 hari saja karena pada tanggal 26 Maret 2011 Pk 14:00, posting yang menghilang itu muncul kembali pada SERP. Bahkan pencarian dengan keywords berupa URL laman-pemula.blogspot.com, postng tersebut terurut pada posisi ketiga. Namun ada perbedaan tampilan pada SERP anatar sebelum dan sesudah  menghilangnya posting tsb. Bila sebelum menghilangnya posting tersebut, tampilan pada SERP mengurutkan posting baru diatas posting lama. tetapi pada tampilan SERP sejak munculnya kembali posting tersevut, tampilan pada SERP mengurutkan posting lama diatas posting baru. berikut screenshot nya:
Apakah benar posting saya sejak tanggal 24 Maret sampai dengan 26 Maret sempat masuk ke sandbox ? Apa penyebabnya ? Apakah dengan munculnya posting saya pada SERP menunjukkan bahwa posting saya sudah keluar dari sandbox ? Bila ada sobat yang pernah mengalami hal yang sama, mohon masukannya.

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya

Popular Posts