Kamis, 10 Maret 2011

Mengapa mereka membuat blog (bagian I)

Semula berawal dari semaraknya orang orang memiliki account facebook, membuat saya tidak ingin ketinggalan dengan trend facebook. Saat memperhatikan profile info teman teman di facebook, tak sengaja melihat
pada contact information terdapat link website yang berupa alamat URL suatu blog. Setelah melakukan click pada link tersebut, saya dibawa ke blog yang dimaksud. Pada blog tersebut, terlihat laman seperti tampilan situs pada umumnya. antara lain:
  • judul blog (blog title),  
  • deskripsi blog (description),  
  • daftar isi blog (blog archive), 
  • judul bacaan (judul posting/ post title),
  • bacaan (posting/ post)
  • tombol tombol navigasi (navigation menu bar)
  • kotak kotak iklan (advertisement)
  • dan informasi profile pemilik blog tersebut,
Setelah beberapa lama membaca dan memperhatikan isi halaman blog tersebut, membuat saya melakukan click pada setiap bagian yang clickable. Akhirnya sampai pada bagian profile pemilik blog, setelah di click ternyata si pemilik blog memiliki lebih dari satu blog hanya saja dengan isi tema blog  (blog content) yang berbeda. Kemudian saya membuka google search dan memmasukkan judul bacaan (judul posting) dari blog tadi kemudian muncul sederetan hasil pencarian (SERP = Search Engine Page rRsults) yang memiliki judul yang sama atau mirip dengan judul bacaan yang saya cari tadi. Namun URL blog yang saya baca tadi tidak muncul pada deretan hasil pencarian (SERP). Kemudian saya mencoba click satu per satu link deretan hasil pencarian tersebut yang mayoritas berupa blog dan 2 link lainnya berupa website. ternyata ada beberapa diantaranya memiliki isi bacaan (posting0 yang mirip dan bahkan sama persis (copy paste). Namun saya melihat beberapa perbedaan antara blog yang satu dengan yang lainnya, perbedaan diantaranya adalah:
  • Alamat URL; ada yang menggunakan .blogspot,com, .wordpress.com, dan ada yang hanya menggunakan .com saja,
  • Design blog; termasuk penggunaan gambar latar belakang (background image) dan warna (color theme),
  • Tata letak (layput),
  • Tampilan iklan; ada yang tidak menampilkan iklan sama sekali pada blog nya.
Bila pernah saya mendengar bahwa salah satu cara mendapatkan uang dari internet adalah dengan membuat blog, namun bagaiamana caranya mendapatkan uang dari blog?. Saya yakin salah satu nya adalah kotak kotak iklan yang dipasang pada blog.

Selanjutnya apa tujuan mereka membuat blog bila pada blog yang mereka buat itu tidak dipasang kotak kotak iklan sama sekali. Posting selanjutnya mengapa mereka membuat blog (bagian II)

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya

Popular Posts